Pengaruh E-LKPD dalam Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi

Authors

  • Muhammad Ikhlas Jaya Universitas Lampung
  • Rini Rita T. Marpaung Universitas Lampung
  • Nadya Meriza Universitas Lampung

Keywords:

E-LKPD, liveworksheets, problem based learning, literasi sains

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penggunaan E-LKPD dalam Liveworksheets berbasis PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VIII pada materi sistem ekskresi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes berbentuk pilihan jamak untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik. Selain itu diberikan juga angket sebagai data pendukung yang berisi pertanyaan mengenai respon peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,19 dengan kategori rendah. Uji T terhadap nilai N-Gain menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hasil angket respon siswa yang diperoleh mendapatkan persentase 82,74% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan E-LKPD dalam Liveworksheets berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa  kelas VIII pada materi sistem ekskresi.

Published

2023-11-05

How to Cite

Jaya, M. I., Marpaung, R. R. T., & Meriza, N. (2023). Pengaruh E-LKPD dalam Liveworksheets Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Ekskresi. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 119–128. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/353

Most read articles by the same author(s)