Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berkomunikasi Lisan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di SMPN 13 Bandar Lampung

Authors

  • Fitri Nurfatonah Universitas Lampung
  • Dina Maulina Universitas Lampung
  • Berti Yolida Universitas Lampung
  • Rini Rita T. Marpaung Universitas Lampung

Keywords:

hasil belajar kognitif, keterampilan berkomunikasi lisan, problem based learning

Abstract

Kehidupan di abad ke-21 ini menuntut penguasaan keterampilan the 4C’s yaitu, berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan tersebut wajib dimiliki oleh setiap peserta didik untuk menghadapi tantangan abad ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar dan mengetahui keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik dan kognitif peserta didik di SMP Negeri 13 Bandar Lampung TP 2020/2021 melalui penerapan model Problem Based Learning. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol Pretest- Postest kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 63 orang menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2021. Data penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai hasil belajar kognitif peserta didik dan data kualitatif berupa keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui nilai pretest-posttest dan dianalisis melalui uji Independent Sample t-test menggunakan SPSS 16.0 (P<0.05). Nilai keterampilan berkomunikasi lisan diperoleh melalui lembar observasi keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik yang dianalisis secara deskriptif. Nilai rata-rata N-Gain pretest-posttest pada kelas eksperimen adalah 0,652 (Sedang) dan kelas kontrol adalah 0,302 (Rendah) Sig. (2-tailed) t-hit <t-table : 0,00 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria rata-rata nilai keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 83,87 (Sangat Baik) dan 70,64 (Baik) untuk kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berkomunikasi lisan peserta didik.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Nurfatonah, F., Maulina, D., Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berkomunikasi Lisan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di SMPN 13 Bandar Lampung. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 17–29. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/4

Most read articles by the same author(s)