Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Sikap Peduli dan Hasil Belajar akan Keberadaan Heritage TNBBS
Keywords:
heritage TNBBS, model probing-prompting, sikap peduliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model probing-prompting terhadap sikap peduli heritage TNBBS dan menentukan dimensi sikap peduli manakah yang paling dikuasai oleh siswa di SMP N 7 Krui. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang berjumlah 58 siswa, dan dipilih dengan teknik total sampling. Data dalam penelitian ini berupa nilai sikap peduli heritage TNBBS dan hasil belajar kognitif yang diperoleh dari proses penggunaan model probing-prompting. Data yang telah diperoleh, dianalisis secara statistik menggunakan uji ANNOVA one-way dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan model probing-prompting terhadap sikap peduli heritage TNBBS yang ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Dimensi yang paling dikuasai oleh siswa dalam meningkatkan sikap peduli heritage TNBBS adalah dimensi afeksi.