Pengaruh Strategi Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Peserta Didik

Authors

  • Inny Hikmatin Universitas Lampung
  • Tri Jalmo Universitas Lampung
  • Nadya Meriza Universitas Lampung

Keywords:

flipped classroom, keterampilan komunikasi lisan, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi flipped classroom terhadap keterampilan komunikasi lisan peserta didik pada materi sistem gerak. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 7 Bandar Lampung yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dan VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan komunikai lisan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi keterampilan komunikasi lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kategori rata-rata nilai keterampilan komunikasi lisan peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 76,25 termasuk kategori baik dan pada kelas kontrol yaitu 59,68 termasuk kategori cukup sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi flipped classroom berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi lisan peserta didik.

Published

2023-11-06

How to Cite

Hikmatin, I., Jalmo, T., & Meriza, N. (2023). Pengaruh Strategi Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Peserta Didik. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 1–6. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/251