Penerapan Pembelajaran Blended Learning Berbantuan E-LKPD Liveworksheets Berorientasi Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 2 Gedong Tataan)
Keywords:
blended learning, E-LKPD, liveworksheets, kemandirian belajar, perubahan lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemandirian belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets kelas X di SMAN 2 Gedong Tataan pada semester genap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Gedong Tataan dengan metode quasy experiment yang menggunakan desain Pretest-Postest Equivalen Control Groups Design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 berjumlah 64 peserta didik dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik melalui uji Independent Sampel T-test dengan taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran blended learning berbantuan E-LKPD Liveworksheets berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemandirian peserta didik dengan nilai signifikansi 0,006 (p<0,05). Indikator kemandirian belajar tertinggi pemecahan masalah kriteria sangat baik (82,81%) terendah dalam indikator kontrol diri kriteria baik (63,59%). Kemudian terlihat peningkatan dalam setiap indikator antara kelas ekperimen dan kelas kontrol dalam indikator inisiatif meningkat sebanyak (14,84%). Indikator percaya diri meningkat sebanyak (7,29%). Indikator tanggung jawab meningkat sebanyak (2,73%). Indikator pemecahan masalah meningkat sebanyak (16,75%). Indikator kontrol diri meningkat sebanyak (3,75%).