Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Iklim
Keywords:
kemampuan berpikir kritis, minat belajar, perubahan iklim, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 18 pesawaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VII E sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui angket dan tes. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,50 kriteria “sedang” dan kelas control memperoleh skor N-Gain 0,26 dengan kriteria “ rendah”. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil data angket minat belajar pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase minat belajar sebesar 80,36 % dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan model PBL berpengaruh tinggi terhadap minat belajar peserta didik pada materi perubahan iklim.