Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X.11 SMAN 2 Bandar Lampung
Keywords:
hasil belajar, penelitian tindakan kelas, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas X.11 SMAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada tahap pra-Siklus nilai rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal peserta didik yang diperoleh adalah 71,32 dan 51,35%. Pada Siklus I didapat nilai rata-rata hasil belajar sebesar 72,16 dan ketuntasan klasikal 62,16%. Pada Siklus II naik menjadi 86,21 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,48%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.