Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 5 Metro Timur

Penulis

  • Dayu Rika Perdana Universitas Lampung
  • Perhanda Hapit Universitas Lampung
  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung
  • Erni Universitas Lampung
  • Resti Apriliyani Universitas Lampung

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video youtube terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 45 orang dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V A dan V B, sampling ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Data dikumpulkan dengan teknik pretest, posttest ,observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video youtube terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 5 Metro Timur.

Diterbitkan

2024-06-22

Terbitan

Bagian

Articles