Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 5 Metro Timur
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media video youtube terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 45 orang dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V A dan V B, sampling ditentukan dengan teknik sampling non probability sampling. Data dikumpulkan dengan teknik pretest, posttest ,observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media video youtube terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 5 Metro Timur.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dayu Dayu Rika Perdana, Perhanda Hapit, Muhammad Nurwahidin, Erni, Resti Apriliyani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.