Diseminasi Keunggulan Inventori Eksplorasi Karier Arahan Diri (IEKAD) Sebagai Peranti Intervensi Karier Siswa SMA

Authors

  • Syarifuddin Dahlan Universitas Lampung
  • Ranni Rahmayanthi Universitas Lampung
  • Mujiyati Mujiyati Universitas Lampung
  • Citra Abrani Maharani Universitas Lampung

Keywords:

Arahan Diri, Peranti, Intervensi Karir, Siswa SMA

Abstract

Kegiatan ini bertujuan ingin memfasilitasi proses hilirisasi dan mempercepat upaya pemanfaatan IEKAD. Capaian lanjutan dari kegiatan ini adalah para Guru BK di SMA terampil menggunakan peranti ini dalam intervensi karier siswa mereka. Kegiatan diseminasi ini telah dilaksanakan dengan melibatkan 40 orang peserta (17 Kepala Sekolah, 17 Koordinator BK, dan sejumlah Guru BK dari SMAN di wilayah Bandarlampung). Mitra kegiatan adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Kegiatan diseminasi diawali dengan penyajian konsepsi dan keunggulan inventori sebagai peranti layanan konseling karier dan telah dilanjutkan dengan pembahasan keunggulan-keunggulan dan kemungkianan implementasinya. Hasil evaluasi menunjukkan peserta menunjukkan perluasan wawasan dan pemahaman atas sifat-sifat khas, bukti-bukti empirik, dan pertimbangan-pertimbangan penggunaan IEKAD sebagai peranti intervensi karier siswa SMA, sehingga proses hilirisasi dan upaya pemanfaatan inventori akan dapat terfasilitasi dan dipercepat. Disarankan agar kegiatan ini ditindaklanjuti, baik perluasan sasarannya maupun penyiapan keterampilan para guru BK SMA dalam pengimplementasian peranti secara luas di kalangan para pemakai. 

Downloads

Published

12-12-2024