Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru SMK melalui Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Merdeka Belajar

Authors

  • Margaretha Karolina Sagala Universitas Lampung
  • Rangga Firdaus Universitas Lampung
  • Daniel Rinaldi Universitas Lampung

Keywords:

kualitas pembelajaran guru, merdeka belajar, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Kualitas guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mengajar belum secara optimal
berfokus pada pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan siswa dan mengikuti perkembangan
kondisi di era yang serba modern seperti sekarang ini. SMK sebagai lembaga pendidikan yang
menyediakan layanan sesuai dengan minat dan bakat siswa seharusnya mampu mengakomodasi
keberagaman perbedaan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa dengan dukungan oleh
pembelajaran yang berkualitas melalui guru yang berkualitas pula. Selain itu, dibutuhkan pula
improvisasi dalam peningkatan kualitas guru dengan rancangan pembelajaran yang disusun
sedemikian rupa sehingga pembelajaran yang efektif dapat tercipta, salah satunya adalah dengan
pembelajaran berdiferensiasi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan pembelajaran
berdiferensiasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar di
SMK. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi terobosan dari permasalahan yang ada di mana para
guru dapat meningkatkan pemahaman tentang pembuatan RPP yang berdiferensiasi dalam era
merdeka belajar. Metode yang digunakan untuk mendukung kegiatan ini adalah dengan
memberikan edukasi dan pendampingan terkait kegiatan belajar yang berdiferensiasi melalui
metode ceramah, workshop, dan diskusi.

Published

26-06-2024