Pelatihan Penggunaan Spss Bagi Mahasiswa Doktor Pendidikan Dalam Implikasinya Pada Riset Kuantitatif

Penulis

  • Handoko Handoko Universitas Lampung
  • Een Yayah Haenilah
  • Rabiyatul Adawiyah Siregar Universitas Lampung
  • Dina Maulina Universitas Lampung
  • Ag. Bambang Setiyadi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i2.764

Kata Kunci:

spss, penelitian kuantitatif, analisis statistik

Abstrak

Pengabdian di latar belakangi oleh keinginan penulis untuk meningkatkan kemampuan riset dalam penelitian kuantitatif bagi mahasiswa Doktor Pendidikan Universitas Lampung. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa, dosen dan karyawan PSDP FKIP Unila dalam penggunaan dan pengaplikasian software SPSS dalam implikasinya penelitian kuantitatif. Kemampuan yang diharapkan akan dimiliki para peserta adalah mampu mandiri menggunakan atau mengolah data riset kualitatif dengan sofware SPSS. Program Studi Doktor Pendidikan (PSDP) mempunyai tugas mempersiapkan mahasiswa untuk mampu menguasai berbagai bidang penelitian kuantitatif sebagai bekal dalam menguatkan, mengembangkan dan menghasilkan riset-riset yang berkualitas. Kemampuan untuk melakukan riset dan meneliti, khususnya penelitian kuantitatif sangat dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang ini menunjukkan bahwa Kegiatan pelatihan penggunaan SPSS bagi mahasiswa doktor pendidikan dalam implikasinya pada riset kuantitati berhasil meningkatkan kemampuan dan kemahiran mahasiswa PSDP dalam menggunakan software SPSS dalam kajian topik riset penelitian kualitatif bidang Pendidikan.

Biografi Penulis

Handoko Handoko, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan

Referensi

Ambarita, B. (2009). Strategi Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Generasi Kampus, 2(1), 21-34.

Bryman, A. (2016). Social research methods. Oxford University Press.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. Sage Publications.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis. Pearson Education Limited.

Hasibuan, A. T., Sianipar, M. R., Ramdhani, A. D., Putri, F. W., & Ritonga, N. Z. (2022). Konsep dan Karakteristik Penelitian Kualitatif serta Perbedaannya dengan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8686–8692.

Karuntu, M. M., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Pendekatan Grounded Teori: Sebuah Kajian Prinsip, Prosedur, Dan Metodologi. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2).

Pallant, J. (2016). SPSS survival manual. McGraw-Hill Education (UK).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Handoko, H., Haenilah, E. Y. ., Siregar, R. A. ., Maulina, D., & Setiyadi, A. B. . (2024). Pelatihan Penggunaan Spss Bagi Mahasiswa Doktor Pendidikan Dalam Implikasinya Pada Riset Kuantitatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(2), 144–152. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i2.764

Terbitan

Bagian

Articles