Penerapan Inductive Approach untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Indikator Berpikir Kritis Siswa
Abstrak
Pengabdian ini menyajikan analisis yang komprehensif dan usulan solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di MTS Al Hidayah Rajabasa melalui penerapan inductive approach, dengan fokus pada indikator berpikir kritis siswa. Menyadari tantangan yang ditimbulkan oleh metode pengajaran tradisional, yang menekankan hafalan, proposal ini menganjurkan perubahan menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa yang mendorong keterlibatan aktif dan pemikiran kritis. Solusi utama termasuk pengembangan profesional untuk guru dalam strategi inductive approach, desain rencana pembelajaran untuk menggabungkan pembelajaran berbasis inkuiri, dan penerapan metode penilaian alternatif untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis dengan lebih baik. Berdasarkan penelitian sebelumnya, pengabdian ini menyoroti pentingnya strategi dalam meningkatkan hasil akademik dan mempersiapkan siswa menghadapi kompleksitas dunia modern. Dengan melaksanakan pengabdian ini, diharapkan MTs Al Hidayah Rajabasa dapat memberikan pengalaman pendidikan baik bagi siswa maupun guru, yang mengarah pada lingkungan belajar yang lebih efektif, menarik, dan inklusif serta sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmah Dianti Putri, Rahmawati Rahmawati, Pujiati Pujiati, Widya Hestiningtyas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.