Optimalisasi Peran Guru sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan

Penulis

  • Cheri Saputra Lampung University

Kata Kunci:

implemntasi kurikulum merdeka, optimalisasi, pemimpin pembelajaran

Abstrak

Guru sebagai pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang holistik. Oleh karenanya dengan diaksanakan pengabdian ini untuk memfasilitasi para guru yang ada agar memaksimalkan perannya sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dengan melakukan pendampingan langsung dan praktik kepada para guru yang ada di kota Bandar Lampung sebagai perwakilan. Adapun hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah dapta dilihat dari hasil pemberian soal pretest sebanyak 20 soal yang diberikan kepada peserta pengabdian yang dihadiri oleh 32 peserta, rata-rata hasil pretest peserta yakni 6,51 hal ini menunjukkan pemahaman guru mengenai guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka masih rendah,  Kemudian setelah dilakukan postest diperoleh rata-rata hasil yang diperoleh peserta pengabdian kepada masyarakat yakni 7,78 hal itu berarti menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman mengenai guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi kurikulum Merdeka.

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles