Pelatihan Menyusun Modul Ajar IPA Berdasarkan Prinsip Berdiferensiasi Terintegrasi Keterampilan Abad 21
Abstrak
Tujuan pembelajaran IPA di SMP/MTs adalah menumbuhkan kesadaran pada peserta didik tentang dirinya dan lingkungan sekitar serta mengetahui bagaimana cara menjaga dan melestarikan. Selain itu, peserta didik juga perlu disiapkan dalam menyongsong abad 21 dengan keterampilan yang relevan. Memastikan capaian peserta didik terhadap tujuan tersebut, perlu dilakukan proses pembelajaran yang representatif. Pembelajaran berdiferensiasi adalah strategi yang tepat agar guru mampu mengidentifikasi capaian belajar setiap siswa. Beberapa guru masih kesulitan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam praktik di kelas. Perlu pembekalan secara berkelanjutan kepada guru-guru selaku ujung tombak pelaksana kurikulum merdeka di sekolah. Pelatihan diadakan secara tatap muka dilanjutkan dengan daring untuk sesi pembimbingan tugas. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa kegiatan terlaksana sesuai dengan perencanaan. Analisis terhadap hasil pretest dan postes menunjukkan angka 0,61 yang berarti peserta mengalami peningkatan dalam katagori sedang. Secara keseluruhan, sebanyak 73% peserta menyatakan baik sekali terhadap penyelenggaraan kegiatan pelatihan. Perlu dilanjutkan kegiatan serupa agar para guru dapat merancang modul ajar IPA yang representatif berdasarkan prinsip pembelajaran berdiferensiasi dan terintegrasi keterampilan abad 21.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 M. Setyarini, Rini Asnawati, Wisnu Juli Wiono, Gamilla Nuri Utami
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.