Pelatihan Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Social Complexity

Penulis

  • Bambang Riadi Universitas Lampung
  • Rian Andri Prasetya Universitas Lampung
  • Rahmat Prayogi Universitas Lampung
  • Iing Sunarti Universitas Lampung

Kata Kunci:

creative dan critical thingking (CCT) skill, inquiry social complexity, pelatihan, perencanaan pembelajaran

Abstrak

Permasalahan guru-guru di Kecamatan Bangkunat Belimbing yaitu guru belum mampu memberdayakan creative dan critical thingking (CCT) skill peserta didik sehingga guru perlu memperoleh informasi (melalui pelatihan) mengenai penyusunan perencanaan pembelajaran yang mampu membuat siswa berpikir kritis dan kreatif. Selanjutnya, tim berkoordinasi dengan Kepala SMPN 4 Krui terkait penjadwalan pelatihan. Tempat pelatihan dilaksanakan di SMPN 4 Krui. Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 46 orang yang terdiri dari guru SD, SMP, SMA, dan SMK di kecamatan Bangkunat. Selanjutnya, pelatihan ini akan menerapkan pelatihan aktif dimana seluruh peserta pelatihan dapat belajar melalui pengalamannya sehingga tujuan yang telah direncanakan dapat diperoleh secara optimal. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari proses maupun hasil pelatihan. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta pelatihan telah mampu memahami dan menyusun RPP berbasis model pembelajaran Inquiry Social Complexity.

Diterbitkan

2022-03-09

Terbitan

Bagian

Articles