Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek

Authors

  • Undang Rosidin Universitas Lampung
  • Triyas Setiyabudi Universitas Lampung
  • Viyanti Universitas Lampung

Keywords:

instrumen penilaian, kemampuan komunikasi, pembelajaran berbasis proyek, tanggung jawab

Abstract

Guru fisika di SMAN 1 Seputih Agung, belum menerapkan penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa secara maksimal. Karena dalam pembelajaran, guru lebih mengutamakan proses penilaian pada ranah pengetahuan saja yang dipandang lebih mudah dalam mengamati perkembangan siswanya. Serta belum melakukan penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa dengan menggunakan instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa dan hanya didukung oleh pendapat penilaian guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian menggunakan metode Research and Development serta model pengembangan Borg dan Gall dengan 7 langkah pengembangan, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data (Research and information collection); (2) Perencanaan (Planning); (3) Pengembangan produk awal (Product develop Preliminary); (4) Uji coba lapangan awal (Preliminary Field Testing); (5) Revisi hasil uji coba (Main Product Revision); (6) Uji coba lapangan (Main Field Testing); (7) Penyempurnaan produk hasil (Operational Product Revision). Subjek penelitian adalah instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek. Instrumen penilaian yang dikembangkan merupakan instrumen penilaian nontes dengan teknik observasi sistematis yang diisi oleh guru ketika proses pembelajaran. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilaksanakan oleh tiga orang ahli dan uji kepraktisan instrumen dilaksanakan oleh tiga orang guru fisika. Analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek valid secara konstruksi, substansi, dan bahasa dengan nilai 0,86 dengan kriteria validitas instrumen sangat tinggi. Instrumen penilaian memiliki reliabilitas sebesar 0,77 dengan kategori reliabilitas tinggi. Respon kepraktisan instrumen oleh tiga guru fisika sebesar 85,6% dengan kriteria sangat tinggi atau praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek valid, reliabel, dan praktis.

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Rosidin, U., Setiyabudi, T., & Viyanti. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 60–68. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/8