Evaluasi Implementasi Pembelajaran Online dengan CIPP Model pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung

Authors

  • Lutfiah Agustin Hidayah Universitas Lampung
  • Undang Rosidin Universitas Lampung
  • Margaretha Karolina Sagala Universitas Lampung

Keywords:

CIPP Model, evaluasi, pembelajaran online, PPG Unila

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem pembelajaran daring ditinjau dari konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (product) pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Kuesioner (angket) dibuat berdasarkan model evaluasi CIPP yang mencangkup Context, Input, Process, dan Product dengan skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Berdasarkan hasil tingkat pencapaian responden (TPR), indikator context evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, input evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, indikator process evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, dan indikator product evaluation rata-rata 87,64 kategori baik. Sistem pembelajaran daring harus selaras dengan kebutuhan Program Studi Pendidikan Profesi Guru, termasuk memahami karakteristik mahasiswa, kurikulum program, dan infrastruktur teknologi yang tersedia.  Sistem pembelajaran daring harus mencakup mekanisme evaluasi dan pemantauan yang efektif untuk mengukur kemajuan mahasiswa. Ketersediaan dan keandalan infrastruktur teknologi harus diperhatikan seperti akses internet, platform pembelajaran daring, dan perangkat keras pendukung lainnya.

Published

2023-11-05

How to Cite

Hidayah, L. A., Rosidin, U., & Sagala, M. K. (2023). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Online dengan CIPP Model pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 78–93. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/350