Penerapan Model PjBL Terintegrasi STEAM Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Authors

  • Mitha Nur Cahyani Universitas Lampung
  • Viyanti Universitas Lampung
  • Anggreini Universitas Lampung

Keywords:

berpikir kreatif, lkpd elektronik, pemanasan global, pjbl-steam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL terintegrasi STEAM berbantuan LKPD Elektronik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik pemanasan global, dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan sebanyak 62 peserta didik kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 2 di SMA 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian tentang topik pemanasan global. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0.5683 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0.4877 yang berada pada kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Didukung dari data hasil uji hipotesis Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.037 yang artinya penerapan model PjBL terintegrasi STEAM berbantuan LKPD Elektronik dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik pemanasan global.

Published

2023-11-05

How to Cite

Cahyani, M. N., Viyanti, & Anggreini. (2023). Penerapan Model PjBL Terintegrasi STEAM Berbantuan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 65–77. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/348