Pendampingan Mahasiswa KKN Terhadap Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar Di Desa Lembung Kecamatan Galis-Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i1.96Kata Kunci:
1. Literacy 2. Reading 3. WritingAbstrak
Rendahnya minat baca dan kemampuan menulis siswa merupakan alasan utama dilaksanakannya kegiatan ini. Sasaran kegiatan adalah 13 siswa SDN Lembung kecamatan Galis-Pamekasan. Sekolah dasar merupakan pendidikan awal untuk pengembangan kemampuan literasi anak, karena di fase awal anak akan diberikan kegiatan menstimulasi perkembangan kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Sehingga permasalahan yang dimiliki oleh mitra saat ini adalah bagaimana mitra meningkatkan literasi baca dan tulis bagi anak-anak usia 7-11 tahun. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi baca tulis anak usia sekolah di desa Lembung kecamatan Galis-Pamekasan. Pengabdian dilakukan di Lembung kecamatan Galis-Pamekasan dilaksanakan pada bulan Desember 2022. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam pengabdian ini berupa metode observasi, sosialisasi, dan pendampingan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari program literasi baca tulis anak usia sekolah ini adalah meningkatnya kemampuan membaca dan kemampuan menulis anak.
Referensi
Kemdikbud, Dirjen PAUDNI. (2016). Gerakan Indonesia membaca: Menumbuhkan budaya membaca. Available from
http://www.paudni.kemdikbud.go.id/berita/8459.html.
OECD. (2016). PISA 2015 Results in
Focus. Retrieved from http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.
PIRLS. (2011). International report. performance at the PIRLS 2011. Lynch School of Education, Boston College: International Benchmarks TIMMS & PIRLS Report International Study Center (IEA).
PISA. (2012). Assessment framework. Available from
http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf
Yosmelia, Y., & Aulia, P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Berbentuk Jendela di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Begalung Padang. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 2(3), 270-276.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 agus budiharto, Tjitra Ramadani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.