Training on Making Creative Thinking Rubrics for Junior High School Teachers in Sarolangun Jambi

Penulis

  • Silvia Fitriani Universitas Batanghari Jambi
  • Afif Rofii Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.526

Kata Kunci:

Training CreativeThinkingRubric Juniorhighschoolteachers

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk   mengembangkan   kompetensi   guru  SMP. Pelatihan dilakukan dalam bentuk workshop. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 25 orang guru SMP di Sarolangun Jambi   Kegiatan   pengabdian   ini   terdiri   dari   tiga tahapan  yang  terdiri  dari  tahapan  pengantar materi, tahap kedua pelatihan dan evaluasi pembuatan rubrik penilaian berpikir kreatif. Hasil   pelatihan menunjukkan bahwa guru SMP yang mengikuti kegiatan ini memiliki peningkatan pengetahuan dalam membuat rubrik penilaian berpikir kreatif.

Referensi

Arikunto, S. (2006). ProsedurPenelitian, SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghufron, N. & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nitko, A. J. (2001). Educational Assessment of Students Third Edition. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, edisi-6, Terjemahan Dra. Wahyu Indianti, M.Si, Erlangga, Jakarta.

Pehkonen, E. (1997). Fostering of Mathematical Creativity. Number Electronic Edition. 29. http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973i.html.

Polya, G. (1973). How to Solve It. New York: Doubleday.

Rahayu, dkk. (2008). Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang, Pendidikan Matematika, 2(2), 19-20.

Rofiah, E., Aminah, N.S., & Ekawati, E, Y. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (2), 17-22.

Saefudin, A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), 4(1), 40.

Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sa’dijah. (2009). Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif. 4(2), 92-95.

Solso, R. L., dkk. (2005). Cognitive Psychology Seventh Edition. New York: Pearson.

Semiawan, C. (2009). Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, k,ualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Silvia Fitriani, & Rofii, A. . (2024). Training on Making Creative Thinking Rubrics for Junior High School Teachers in Sarolangun Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 72–80. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.526

Terbitan

Bagian

Articles