Training on Making Creative Thinking Rubrics for Junior High School Teachers in Sarolangun Jambi
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.526Kata Kunci:
Training CreativeThinkingRubric JuniorhighschoolteachersAbstrak
Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru SMP. Pelatihan dilakukan dalam bentuk workshop. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 25 orang guru SMP di Sarolangun Jambi Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yang terdiri dari tahapan pengantar materi, tahap kedua pelatihan dan evaluasi pembuatan rubrik penilaian berpikir kreatif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru SMP yang mengikuti kegiatan ini memiliki peningkatan pengetahuan dalam membuat rubrik penilaian berpikir kreatif.
Referensi
Arikunto, S. (2006). ProsedurPenelitian, SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, N. & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nitko, A. J. (2001). Educational Assessment of Students Third Edition. New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, edisi-6, Terjemahan Dra. Wahyu Indianti, M.Si, Erlangga, Jakarta.
Pehkonen, E. (1997). Fostering of Mathematical Creativity. Number Electronic Edition. 29. http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973i.html.
Polya, G. (1973). How to Solve It. New York: Doubleday.
Rahayu, dkk. (2008). Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang, Pendidikan Matematika, 2(2), 19-20.
Rofiah, E., Aminah, N.S., & Ekawati, E, Y. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (2), 17-22.
Saefudin, A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), 4(1), 40.
Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sa’dijah. (2009). Asesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif. 4(2), 92-95.
Solso, R. L., dkk. (2005). Cognitive Psychology Seventh Edition. New York: Pearson.
Semiawan, C. (2009). Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, k,ualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Silvia Fitriani, Afif Rofii
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.