Edukasi Penerapan Google Form Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran di SDN 26 Palu Melalui Program Kampus Mengajar

Penulis

  • Exsa Putra Tadulako University
  • Zaenudin Ali Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.525

Kata Kunci:

Workshop Penerapan Google form, Kampus Mengajar Merdeka Belajar, SDN 26 Kota Palu

Abstrak

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5 yang merupakan bentuk dari pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan. Program ini didasari atas kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di masa kini. Hal tersebut terlihat dari menurunnya minat belajar peserta didik, tingkat pemahaman peserta didik ketika pembelajaran, dan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran, salah satunya di SDN Negeri 26 Palu. Metode yang digunakan pada pengabdian salah satunya berupa kegiatan pembiasaan literasi dan numerasi. Hasil akhir dari kegiatan ini berupa pembiasaan literasi dan numerasi untuk peserta didik-siswi di SD Negeri 26 Palu serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahapeserta didik dalam pembangunan nasional.

Referensi

Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93–109. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2811

Mahfud, H., Purnama Adi, F., Widianto Atmojo, I. R., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru SD di kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/35104

Muzdaliifah, I., Dian Rianita, & Elvira Asril. (2021). Sosialisasi Penerapan Google Forms Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran Di Sdn 117 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1069–1073. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7594

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008

Purnama, M., Boru, J., & Hariyana, N. (2022). Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan komptensi sdn sepatan III kabupaten tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS PATIKALA, 1(4), 316–324.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020 Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional IAHN …, 78–82. https://www.prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/39%0Ahttps://www.prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/download/39/34

Zaenudin Ali. (2022). Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN 17 Palu). Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i2.15

Tria, M. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Colloqium 2017, 183–188.

Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan mahasiswa. Journal of Information System,Applied,Management, Accounting and Research, 3(1), 16–22.

Suryana, O. (2008). Google form Tutorial (Issue May).

Muzdalifah, I. (2018). Proceedings of the Sixth International Conference on English Language and Teaching. Proceedings of the Sixth International Conference, 2011, 96–10

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom, Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Edisi Khusus KBM Pandemi COVID, 5(1), 19–35.

(Anwar, 2021)Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Putra, E., & Ali , Z. . (2024). Edukasi Penerapan Google Form Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran di SDN 26 Palu Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 120–133. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.525

Terbitan

Bagian

Articles