Pelatihan Pemrograman Menggunakan AppIventor di Sekolah Dasar sebagai bagian Literasi Digital di Era Industri 4.0

Penulis

  • Adhi Rizal Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aji Primajaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • E. Haodudi Nurkifli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Riza Ibnu Adam Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Susilawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.417

Kata Kunci:

programming , App Inventor , computational

Abstrak

Anak-anak usia dini yang termasuk ke dalam rentang 4 – 5 tahun di berbagai negara maju sudah dikenalkan konsep pemrograman, bahkan sudah terintegrasi di dalam kurikulum pembelajaran di sekolah. Keterampilan seseorang dalam membuat program pada umumnya tidak dapat langsung diperoleh atau dikuasai dengan waktu yang singkat. Di Indonesia, kesadaran terhadap pentingnya pengembangan pola berpikir melalui cara berpikir komputasional masih rendah, terutama di daerah yang jauh dari perkotaan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SDN Cadaskertajaya II, Kabupaten Karawang. Platform yang digunakan dalam kegiatan ini adalah MIT AppInventor yang merupakan platform berbasis web untuk membuat aplikasi gawai berbasis blok visual. Metode yang digunakan pada kegiatan ini terdiri dari 2 tahapan utama, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Selama kegiatan pelatihan berjalan, peserta didik sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Kemudian berdasarkan hasil post-test dan diskusi di akhir kegiatan, secara keseluruhan kegiatan pelatihan ini berjalan dengan efektif, mudah dipahami, berkesan, bermanfaat, serta menarik dan menyenangkan.

Referensi

Dharma, S. (2022). Pengaruh Kecakapan Literasi Digital terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 117-129.

Educational, W. J. (2020). What do primary school students think about mobile programming education? “Developing my own mobile game”. World Journal on Educational, 258-277.

Efendi, N., Hutabarat, P., & Firnandi, K. (2022). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Berbasis Android MIT AppInventor di SMK N 2 Rambah Jurusan TKJ. PAKDEMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 41-48.

Gries, D. (2012). The Science of Programming. Springer.

MIT. (2022). AppInventor Community. Retrieved Januari 28, 2024, from https://community.appinventor.mit.edu/t/cannot-install-app-inventor-emulator/68025/1

MIT. (2023). AppInventor Community. Retrieved Januari 28, 2024, from https://community.appinventor.mit.edu/t/emulator-showing-errors/98917

MIT. (2024). MIT App Inventor. Retrieved Januari 8, 2024, from https://appinventor.mit.edu/

Muklason, A., Riksakomara, E., & Mahananto, F. (2023). Coding for Kids: Pengenalan Pemprograman untuk Anak Sekolah Dasar sebagai Literasi Digital Baru di Industri 4.0. SEWAGATI, 7(3), 393-404.

Niam, B., & Darpono, R. (2022). Pembelajaran Aplikasi Android Dengan APP Inventor Untuk Mengontrol Lampu Berbasis Arduino Pada SMK NU 1 Islamiyah Kramat Tegal . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) , 3(1), 137-143.

Nuarsa, I. W., Sunarya, I. M., & Wirawan, I. M. (2015). Pengembangan Aplikasi Balita Belajar Cerdas Berbasis Android. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 1-10.

Papadakis, S. (2021). The Impact of Coding Apps to Support Young Children in Computational Thinking and Computational Fluency. A Literature Review. Frontiers in Education, 1-12.

Pramadjaya, A., Suryadi, A., & Rohmawati, I. (2023). Pengenalan MIT AppInventor untuk Membuat Aplikasi Android pada Sekolah SMKN 7 Kota Serang. SOROT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 13-17.

Putra, S. D., Aryani, D., & Syofyan, H. (2023). Penerapan Konsep Computational Thinking dengan Blockbased. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta , 2(2), 101-108.

Salamah, K. S., Kadarina, T. M., & Iklima, Z. (2020). Pengenalan MIT Inventor untuk Siswa/i di Wilayah Kembangan Utara. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5-9.

Zutiasari, I., Rahayu, W. P., Zumroh, S., & Indarwati, R. A. (2022). Pelatihan MIT App Inventor Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan. JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 29-35.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Rizal, A., Primajaya, A. ., Haodudi Nurkifli, E. ., Ibnu Adam, R. ., & Susilawati. (2024). Pelatihan Pemrograman Menggunakan AppIventor di Sekolah Dasar sebagai bagian Literasi Digital di Era Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.417

Terbitan

Bagian

Articles