Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Pemanfaatan Alat Bantu Penulisan Artikel Ilmiah untuk Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.407Kata Kunci:
Pelatihan, Artikel, Publikasi, JurnalAbstrak
Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk: (1) memberikan pemahaman kepada mahasiswa S1 mengenai penulisan artikel ilmiah; (2) dapat memahami cara publikasi artikel ilmiah ke jurnal nasional terakreditasi maupun tidak terakreditasi; (3) sebagai sarana motivasi bagi mahasiswa agar dapat menulis artikel ilmiah. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah metode ceramah dan pemaparan. Pelaksanaan kegiatan ini melalui Zoom Meeting pada tanggal 3 Juni 2023. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu dosen UPY, yaitu Bapak Padrul Jana, M.Pd. dan mahasiswa Magister Pendidikan Matematika UAD yaitu Samsinar. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini mencakup 130 mahasiswa S1 dari perguruan tinggi di Indonesia. Materi pertama membahas tentang "Pemilihan Jurnal Nasional Terakreditasi dan Penulisan Artikel Ilmiah" yang mencakup cara menulis cara memilih jurnal terakreditasi atau tidak serta menulis artikel ilmiah. Materi kedua membahas "Alat Bantu dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah" yang mencakup cara penggunaan alat bantu penulisan seperti aplikasi Mendeley, Publish or Perish dan Quilbot. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk semangat dalam menulis dan mempublikasi artikel ilmiah
Referensi
Amir. (2012). Pengetahuan Tentang Penerjemahan dalam Pembelajaran Penerjemahan Bahasa Jerman ke dalam Bahasa Indonesia. Allemania, 1(2), 100–173.
Amir, F. (2020). Extracurricular Management Program to Improve Students ’Non-Academic Achievement Activities in MAN 3 Cirebon. Diadikasia Journal, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.21428/8c841009.5494e7d0
Choirudin, C., Anwar, M. S., Setiawan, A., Ningsih, E. F., Wawan, W., Anggraini, D., Mispani, M., Purnawan, A., & Fauziah, A. (2022). Pendampingan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Ilmiah (Kunci Sukses Mahasiswa Menulis Di Jurnal Bereputasi Nasional). Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 221–228. https://doi.org/10.55824/jpm.v1i4.120
Crystallography, X. D. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran.
Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283
Dewanta, A. A. N. B. J., Rasna, I. W., & Martha, I. N. (2021). Proses Kreatif Dee Lestari dalam Penulisan Novel Aroma Karsa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1), 16–27. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i1.384
Fernandi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan Sebagai Media Pendidikan Bagi Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 95–104.
Haris, I., Kusumarini, E., Zagoto, S. F. L., Kusumawati, I., & Arifudin, O. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Hasan, H. (2022). Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27–33. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.135
Heriyudanta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Di Indonesia. Anailis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Di Indonesia, 1(1).
Hikmatin, T. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 286. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i03.6696
Ismail, S., Zahrudin, M., Ruswandi, U., & Erihadiana, E. (2020). The Competence of Millennial Islamic Education Teachers in Facing the Challenges of Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 389–405. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.823
Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). Education sciences An Exploratory Study of the Obstacles for Achieving Quality in Distance Learning during the. Education Sciences, 10, 1–13.
Latifah, A. (2016). Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 48. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Mimi, M. P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.56874/faf.v1i2.134
Nurhalizah, Niar, A., & Stepahnie Titing, A. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Dosen Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Jurnal.Stikes-Ibnusina.Ac.Id, Vol.1, No.4(4), 310–324.
Polonia, B. S. E., Ravi, A., & Jumiar, A. D. (2022). Bimbingan & Pelatihan KTI (Karya Tulis Ilmiah) Bagi Siswa-Siswi SMP Negeri Di Kabupaten Ketapang. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 586–590. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.345
Raza, H., Rahma, M., Terfiadi, S. Y., Irfan, I., Munardi, M., Ratna, R., Husaini, H., Abdillah, R., & Juliana, J. (2022). Pelatihan Cara Mencari Artikel Bagi Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 1(1), 16. https://doi.org/10.29103/jpes.v1i1.8227
Sujarwati, I., Azwandi, A., & Syafryadin, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Pengelolaan Sitasi dan Referensi Karya Ilmiah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i1.18303
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.
Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3, 21–33. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827.1
Widodo, A., Kadir Jaelani, A., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, Mu. (2020). Nalisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1946
Yusuf, Z. (2020). Peran Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMM). Al-Manar : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(1), 233–248.
Zulkifli, Z., Sanjaya, F., Rita, R. S., Haryati, H., Hasan, S., & Adinugroho, I. (2023). Penulisan Artikel Ilmiah Dengan Bantuan Aplikasi Mendeley Untuk Publikasi Pada Jurnal Terakreditasi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9957–9962. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/21095/15069
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Deny Hadi Siswanto, Samsinar, Aldo Setiawan, Nur Wahyuni, Puguh Wahyu Prasetyo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.