In House Training: Penyusunan Perencanaan Pembelajaran pada Modul Ajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Penulis

  • Annisa Yulistia Universitas Lampung
  • Lungit Wicaksono Universitas Lampung
  • Fadhilah Khairani Universitas Lampung
  • Amrina Izzatika Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.256

Kata Kunci:

lesson plan, teaching module , Merdeka Curriculum

Abstrak

Adanya kebijakan Kurikulum Merdeka menimbulkan berbagai tantangan dan kendala tersendiri bagi para pendidik.  Dengan berbagai tantangan dan kendala tersebut, para pendidik dan kepala sekolah mengehendaki pelatihan dan pendampingan penyusunan modul ajar yang sesuai dengan kebijakan kurikulum merdeka melalui kegiatan in house training (IHT).  Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar para peserta pelatihan memiliki wawasan, pemahaman serta dapat menyusun dan mengaplikasikan modul ajar pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah ceramah, diskusi, pemecahan masalah, dan praktik. Bentuk evaluasi dilakukan pada kegiatan pengabdian ini terbagi menajdi 4 tahap, yaitu evaluasi awal, proses, akhir, dan dampak. Hasil dari kegiatan ini yaitu; 1) pada evaluasi awal, guru belum pernah membuat modul ajar, namun dalam penyusun perencanaan pembelajaran sudah cukup terampil; 2) pada proses IHT, guru mulai praktik merancang perencanaan pembelajaran yang sesuai dalam implementasi kurikulum merdeka; 3) akhir dari kegiatan IHT menunjukkan bahwa guru mulai memahami dan dapat penyusunan CP-TP-ATP yang dituangkan dalam modul ajar secara mandiri; 4) kegiatan ini memberi dampak mengaktifkan kembali komunitas belajar dalam sekolah untuk saling sharing best practice dalam menyusun perencanaan pembelajaran.

Referensi

Amalia, V. R. ., & Asbari , M. (2023).

Merdeka Belajar: Solusi Awal Transformasi Pendidikan Indonesia?. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 62–67. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.630

Camellia, C., Alfiandra, A., Faisal, E. E.,

Setiyowati, R., & Sukma, U. R. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–11. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/satwika/article/view/30581

Cerelia, J.J., Sitepu, A.A., Azhar, F.,

Pratiwi, I.R., Almadevi, M., Farras, M.N., Azzahra, T.S., Toharudin, T. (2019). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Statistika X. http://prosiding.statistics.unpad.ac.id

Hadiansah, D. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: Yrama Widya.

Jenkins, G. (2020). Teacher agency: the

effects of active and passive responses to curriculum change. Australian Educational Researcher, 47(1), 167–181. https://doi.org/10.1007/s13384-019-00334-2

Joyce, Bruce, Marsha Weil, & Emily C,

(2009) Models of Teaching. Eighth Edition. Terjemahan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kandiko, H, C., & Kingsbury, M. (2021). Curriculum Change as Transformational Learning. Teaching in Higher Education, 1–20. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1940923

Khan, M. J., & Ahmed, J. 2021. Child education in the time of pandemic: Learning loss and dropout. Children and Youth Services Review. Vol. 127. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106065

Kemendikbud, (2019) Bahan Presentasi Sosialisasi Kurikulum 2013; Konsep Pendekatan Scientific: Badan Pengbembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan – Kemendikbud.

Listyowati, A., Hartanti, J., A, N. P., Hasanah, U., & Aini, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis STEAM dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Tk Aisiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. PANCASONA: Pengabdian Dalam Cakupan Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 289–294.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Merdeka Belajar Bagi Guru SDN Ules Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: ADIMAS, 15(1), 15–22.

Rusman, (2013) Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalitas Pendidik. Jakarta: Rajawabi Pers.

Sanjaya, Wina, (2010) Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, dan James D. Russell, (2011) Instructional Technology and Media for Learning Terjemahan Arif Rahman. Jakarta: Kencana.

Wahira, Mappincara, A., & Hasan. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pengelolaan Kelas Rangkap Di Sekolah Dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 181–187. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572

Wahira, W., Hamid, A., & HB, L. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i2.572

Widyasari, W., & Yaumi, M. (2014). Evaluasi Program Pendampingan Guru Sd Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 281–295. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a10

Winataputra, Wina S. 2005. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PAU-PPAI.

Wulandari, I. G. A. A., Ganing, N. N., & Sutyaningsih, A. A. D. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Neurosains Sebagai Bentuk Optimalisasi Merdeka Belajar di SD N 5 Abiansemal. Proceeding Senadimas Undiksha 2022, 863–870

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Yulistia, A., Wicaksono, L. ., Khairani, F. ., & Izzatika, A. (2024). In House Training: Penyusunan Perencanaan Pembelajaran pada Modul Ajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka . Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i1.256

Terbitan

Bagian

Articles