Pendampingan Pendampingan Membaca dan Menulis Aksara Jawa di Madrasah Baitus Solihin Kajor Wetan Selopamioro Imogiri Bantul

-

Penulis

  • Dian Nugroho Suwardiyono Fathers

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.239

Kata Kunci:

Javanese alphabet, Local culture, Reading and writing, Cultural village

Abstrak

Dusun Kajor Wetan merupakan daerah yang memiliki banyak kesenian Jawa. Di sini banyak sekali kesenian budaya yang terus dilestarikan. Salah satu budaya yang paling mendasar adalah bahasa. Jawa memiliki aksara atau huruf khas tersendiri yaitu aksara Jawa. Saat ini banyak anak-anak yang enggan mempelajari tentang aksara Jawa. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat untuk memperlajari aksara Jawa, hal ini tentunya menjadi masalah. Madrasah Baitus Solihin merupakan satu-satunya madrasah di Kajor Wetan. Madrasah ini merupakan tempat berkumpulnya anak-anak di Kajor Wetan. Kegiatan pendampingan membaca dan menulis aksara Jawa bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak didik madrasah terkait budaya setempat untuk memperkuat nilai-nilai ajaran agama dan menambah nilai kebudayaan di Kajor Wetan. Kegiatan pendampingan ini terbagi menjadi 3 bagian dalam 2 hari. Hari pertama,  berisi penjelasan tentang dasar-dasar aksara Jawa dan latihan membaca aksara Jawa. Hari kedua,  diisi dengan permainan belajar lomba cerdas cermat membaca aksara Jawa. Kegitan pendampingan ini secara umum telah memberikan pengetahuan tambahan kepada anak didik madrasah terkait aksara Jawa dan mampu menambah nilai dusun Kajor Wetan sebagai desa kesenian.

Kata Kunci: Budaya Lokal, Aksara Jawa, Membaca dan Menulis, Kampung Budaya

Referensi

Arifin, F. N. (2021). Pendampingan Belajar Aksara Jawa Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pengabdian. Vol. 1 No. 2 : Hal 129-137.

Ariwibowo, E. K. (2018). Digitalisasi Aksara Jawa Dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMP Kabupaten Klaten. Warta LPM. Vol. 21 No. 1 : Hal 59-71.

Asrianti, T. & Puji, Y. F. (2023). Pendampingan Belajar Aksara Jawa Dalam Upaya Pelestarian Budaya Jawa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 5 No. 2 : Hal 398-442. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i3.472

Hambali. 2013. Moralitas: Perspektif Konsep, Teoritis dan Filosofis (Suatu Pemikiran Membangun Karakter Bangsa dan Sekolah Sebagai Habitat Moral. Jurnal PPKN dan Hukum. Vol. 8 No. 1: Hal 46-73.

Kurnia, E. D. & Yusro, E. N. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Aksara Jawa Bagi Guru Bahasa Jawa SMA Di Kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol. 2 No. 2 : Hal 101-112.

Syardiansah. 2017. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetisi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 7 No .1 : Hal 57-68.

Umami, S. N., Dina, S. O., Apriliana, S., & Nasikhin. (2022). Kekhasan Pendidikan Madrasah Dalam Tinjauan Filosofis. Journal of Islamic Studies. Vol. 1 No. 2: Hal 76-87.

Widodo, A. (2016). Islam dan Budaya Jawa. Sukoharjo: Fakultas Syariah IAIN Surakarta. Retrieved from :

https://www.researchgate.net/publication/357116553_1_Complete_Islam_dan_Budaya_Jawa_-_Aris_-_Ok

Winatha, H. 2011. Pengembangan Model Belajar Kognitif Siswa Tingkat Dasar. Yogyakarta: Penebar Swadaya

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28

Cara Mengutip

Suwardiyono, D. N. (2023). Pendampingan Pendampingan Membaca dan Menulis Aksara Jawa di Madrasah Baitus Solihin Kajor Wetan Selopamioro Imogiri Bantul: -. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.239

Terbitan

Bagian

Articles