M MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0
MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.219Kata Kunci:
Society 5.0 era, School principal, Transformational leadership, Quality educationAbstrak
Era society 5.0 merupakan suatu proses kolaboratif pada sebuah teknologi yang menjadi kekuatan bagi setiap manusia untuk menjalankan berbagai aktivitas. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta kesiapan kepala sekolah yang harus dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan pada era society 5.0 melalui kepemimpinan transformasional. Sehingga target khusus yang dicapai adalah peserta dapat memahami dan melaksanakan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada era society 5.0. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dan target di atas antara lain ceramah, brainstorming dan diskusi, bermain peran, serta analisis dokumen. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa skor rata-rata persentase post-test peserta pelatihan adalah 76,21 artinya meningkat jika dibandingkan dengan hasil pre-test peserta yaitu 72,06. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan kemampuan peserta pelatihan dari pre-test ke post-test naik sebesar 22%. Kesimpulannya pemahaman guru terhadap pelatihan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada era society 5.0 terlaksana dengan baik dan optimal.
Referensi
Alif, K. P., Nabila, S., & Ahmad, M. (2022). Principal management in increasing the quality of education in the society 5.0 era. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(3), 438-448. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.56423
Alif, K. P., Nabila, S., & Ahmad, M. (2022). Principal management in increasing the quality of education in the society 5.0 era. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 5(3), 438-448. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.56423
Apdillah, D., Panjaitan, K., Stefanny, N. T. P., & Surbakti, F. A. (2022). The global competition in the digital society 5.0 era: The challenges of the younger generation. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (JHSSB), 1(3), 75-80. https://doi.org/https://doi.org/10.55047/jhssb.v1i3.151
Ellitan, L. (2020). Competing in the era of industrial revolution 4.0 and society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(1), 1-12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657
Firmansyah, Prasojo, L. D., Jaedun, A., & Retnawati, H. (2022). Transformational leadership effect on teacher performance in asia: A meta-analysis. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(6), 2127-2146.
Greimel, N. S., Kanbach, D. K., & Chelaru, M. (2023). Virtual teams and transformational leadership: An integrative literature review and avenues for further research. Journal of Innovation & Knowledge, 8(2), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jik.2023.100351
Gulden, M., Saltanat, K., Raigul, D., Dauren, T., & Assel, A. (2020). Quality management of higher education: Innovation approach from perspectives of institutionalism. . An exploratory literature review. Cogent Business & Management, 7(1), 1-21. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1749217
Hermawansyah. (2022). Manajemen pendidikan berbasis informasi di era society 5.0. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 13(1), 46-57. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v13i1.369
Honingh, M., Ruiter, M., & Thiel, S. V. (2020). Are school boards and educational quality related? Results of an international literature review. Educational Review, 72(2), 157-172. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1487387
Katman, & Akadira, T. (2023). Implementasi kepemimpinan transformatif dan perbaikan mutu pendidikan pada program sekolah penggerak di indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 378-387. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1300
Laliana, & Hermawan, A. (2020). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SDN 2 Bungai Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92-104. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350
Madi Odeh, R. B., Obeidat, B. Y., Jaradat, M. O., Masa'deh, R. e., & Alshurideh, M. T. (2023). The transformational leadership role in achieving organizational resilience through adaptive cultures: The case of Dubai service sector. International Journal of Productivity and Performance Management, 72(2), 440-468. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJPPM-02-2021-0093
Mastur, Soim, Haryanti, N., & Gufron, M. (2022). The influence of transformational leadership and organizational culture on job satisfaction and organizational citizenship behavior (ocb) in islamic educational institutions. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 948-961. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3431
Mourtzis, D., Angelopoulos, J., & Panopoulos, N. (2022). A literature review of the challenges and opportunities of the transition from industry 4.0 to society 5.0. Energies, 15(17), 1-29. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/en15176276
Owusu-Agyeman, Y. (2021). Transformational leadership and innovation in higher education: A participative process approach. International Journal of Leadership in Education, 24(5). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13603124.2019.1623919
Rahwati, D. (2019). Implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 13-24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2944
Rambe, H., Siahaan, A., Siregar, A. R., Sari, M., & Akmalia, R. (2022). Strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp negri 013 medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12953-12962.
Ristianah, N., & Ma'sum, T. (2022). Konsep manajemen mutu pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 45-55. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i01.169
Siahaan, A., Anggara, A. B., Ramadani, N. P. M., & Rozzaqiyah, Z. (2023). Meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3645-3651.
Siswanto, & Yuliana, I. (2022). Linking transformational leadership with job satisfaction: the mediating roles of trust and team cohesiveness. Journal of Management Development, 41(2), 94-117. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JMD-09-2020-0293
Surahman. (2022). Implementasi manajemen mutu pendidikan islam menuju era society 5.0. Journal on Teacher Education, 3(2), 170-182. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3277
Suryadi, W. N., Kemal, I., & Suryana, A. (2022). Transformational leadership: Classroom management innovation and the quality of islamic religious education teacher service in elementary schools in Kendari City. Specialusis Ugdymas, 1(43), 2535-2548.
Tangpong, C., Sirisuthi, C., & Agsonsua, P. (2023). Development of the educational management model to enhance educational quality towards excellence of the secondary educational service area office thailand. International Education Studies, 16(2), 26-34.
Yumnah, S., Iswanto, J., Pebriana, P. H., Fadhillah, & Fuad, M. I. (2023). Strategi kepala sekolah dalam mengelola sumber daya guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 92-104. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.350
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riswandi, Riswanti Rini, Maman Surahman, Amrina Izzatika, Nur Ridha Utami
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.