Model Pembelajaran Discovery Learning Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.215Kata Kunci:
Discovery learning, Independent Curriculum, Education in Elementary SchoolsAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan bagi pendidik yang ada di sekolah Dasar se-Kecamatan Gadingrejo. Pelatihan ini memberikan pemahaman kepada pendidik untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan kreatif dan inovasi kepada peserta didik. Model pembelajarn yang diharapkan dilaksanakan yaitu model discovery learning sebagai model pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Kemudian kurikulum pembelajaran dapat memulai dengan menerapkan kurikulum Merdeka belajar yang sudah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan. Hasil pelatihan ini yaitu memberikan pengetahuan bagi pendidik di Sekolah Dasar Kecamatan Gadingrejo untuk menggunakan dan mengenal model pembelajaran Discovery Learning dan mempelajari dengan baik tentang kurikulum Merdeka belajar bagi peserta didiknya dapat memperoleh pembelajarn yang Merdeka dengan menggunakan profil pelajar Pancasila.
Referensi
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803.
Darmawan, D., & Dinn W., (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10-17. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan pendidikan tentang pelaksanaan merdeka belajar.
Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1 26.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Muslim, A. (2023). Landasan filsafat idealisme dan implementasi kurikulum merdeka belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.35.g39.
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta analisis pegaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281-286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313.
Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi,
L. (2021). Model pembelajaran discovery learning guna membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109-117. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(1), 59-62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).
Sherly, Dharma. E, dan Sihombing, H.B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Prosiding FKIP – Universitas Muhammadiyah Banjarmasin : 183-190.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum mbkm (merdeka belajar kampus merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458.
Tulhadiah, Y. (2022). Implementasi strategi pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smnp negeri 6 kaur. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 265-278.
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.
Wulan, R., Nugroho, I. A., & Lestari, B. (2023). Peningkatan keterampilan proses ipa melalui model discovery learning kelas v sdn bener yogyakarta. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 185-196.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Nurwahidin, Roy Kembar Habibi, Deviyanti Pangestu, Moch Johan Pratama
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.