Model Pembelajaran Discovery Learning Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Nurwahidin Universitas Lampung
  • Roy Kembar Habibi Universitas Lampung
  • Deviyanti Pangestu Universitas Lampung
  • Moch Johan Pratama Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.215

Kata Kunci:

Discovery learning, Independent Curriculum, Education in Elementary Schools

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan bagi pendidik yang ada di sekolah Dasar se-Kecamatan Gadingrejo. Pelatihan ini memberikan pemahaman kepada pendidik untuk dapat menerapkan pembelajaran dengan kreatif dan inovasi kepada peserta didik. Model pembelajarn yang diharapkan dilaksanakan yaitu model discovery learning sebagai model pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Kemudian kurikulum pembelajaran dapat memulai dengan menerapkan kurikulum Merdeka belajar yang sudah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan. Hasil pelatihan ini yaitu memberikan pengetahuan bagi pendidik di Sekolah Dasar Kecamatan Gadingrejo untuk menggunakan dan mengenal model pembelajaran Discovery Learning dan mempelajari dengan baik tentang kurikulum Merdeka belajar bagi peserta didiknya dapat memperoleh pembelajarn yang Merdeka dengan menggunakan profil pelajar Pancasila.

Biografi Penulis

Roy Kembar Habibi, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran guru dalam kurikulum merdeka belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40-50. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803.

Darmawan, D., & Dinn W., (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10-17. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iqbal, M., Rizki, A., Wardani, J. S., Khafifah, N. P., Silitonga, N., & Amirah, R. (2023). Kebijakan pendidikan tentang pelaksanaan merdeka belajar.

Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 1 26.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Muslim, A. (2023). Landasan filsafat idealisme dan implementasi kurikulum merdeka belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.35.g39.

Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta analisis pegaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281-286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Hasanah, M., Muzaki, A., Nurmalasari, E., & Rusdi,

L. (2021). Model pembelajaran discovery learning guna membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 109-117. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2231.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(1), 59-62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).

Sherly, Dharma. E, dan Sihombing, H.B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Prosiding FKIP – Universitas Muhammadiyah Banjarmasin : 183-190.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum mbkm (merdeka belajar kampus merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458.

Tulhadiah, Y. (2022). Implementasi strategi pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smnp negeri 6 kaur. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 265-278.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.

Wulan, R., Nugroho, I. A., & Lestari, B. (2023). Peningkatan keterampilan proses ipa melalui model discovery learning kelas v sdn bener yogyakarta. Educatif Journal of Education Research, 5(1), 185-196.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28

Cara Mengutip

Nurwahidin, M. ., Habibi, R. K., Pangestu, D. ., & Johan Pratama, M. . (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.215

Terbitan

Bagian

Articles