Meningkatkan Kepenulisan Karya Ilmiah Bagi Guru PP. Mambaus Sholihin dan Civitas Kampus UNKAFA Suci Manyar Gresik
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i2.150Kata Kunci:
Literasi, Karya ilmiah, Pengabdian, Penelitian Aksi Partisipatif (PAR)Abstrak
Literasi dan kepenulisan karya ilmiah masih minim di kalangan guru dan mahasiswa di Ponpes Mambaush Sholihin. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman aturan dalam penulisan karya ilmiah. Kesulitan dalam mengungkapkan pemikiran dalam tulisan juga menjadi tantangan. Tulisan ini adalah hasil dari pengabdian dalam upaya meningkatkan literasi dan kepenulisan karya ilmiah di Ponpes Mambaush Sholihin Gresik melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR). Hasil pengabdian menunjukkan bahwa literasi dan kepenulisan karya ilmiah masih minim di kalangan guru dan mahasiswa. Kurangnya pemahaman aturan penulisan dan kesulitan mengungkapkan pemikiran menjadi tantangan utama. Melalui pendekatan PAR, pengabdian memberikan pelatihan kepada guru dan mahasiswa, dengan tahapan persiapan, pelaksanaan pengabdian, pendampingan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman aturan dan teknik penulisan karya ilmiah. Pendekatan PAR menjadi solusi dalam membangun kesadaran dan meningkatkan keterampilan penulisan karya ilmiah di Ponpes Mambaush Sholihin Gresik. Hasil pengabdian juga menekankan pentingnya literasi dan kepenulisan karya ilmiah dalam pengembangan kemampuan akademik dan pengajaran, serta memperluas manfaat hasil penelitian melalui publikasi
Referensi
Ahmad, N. F. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri dan Disiplin Santri Pondok Pesantren Mambaush SholihinSuci Manyar Gresik. UIN Maliki.
Ekosusilo, M., & Triyanto, B. (1995). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Dahara Prize.
Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380
Indrastuti, N. (2019). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indonesia. UGMPress.
Liljenberg, M. (2015). Distributing leadership to establish developing and learning school organisations in the Swedish context. Educational Management Administration and Leadership, 43(1), 152–170. https://doi.org/10.1177/1741143213513187
Ekosusilo, M., & Triyanto, B. (1995). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.
Norman, D., & Yvonnas, L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pardjono, P., Nuchron, N., Surono, S., & Ramdani, S. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa PPs UNY pada Jurnal Internasional Terindeks. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 139. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.16002
Putut Marwoto, Achmad Sopyan, Suharto Linuwih, Bambang Subali, and E. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. ABDIMAS, 17(2), 111–116.
Taufik, Nur, Zakir, S., & Ismail Suardi, W. (2018). Teknik Menulis Karya Ilmiah: Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset. Deeppubliser.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Faizin, Mochammad Rizal Ramadhan, Abdul Basid, Moh. Fauzan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.