Pelatihan Percobaan Sains Sederhana Bagi Guru dan Anak Labschool PAUD UNIB

Penulis

  • Aprina Defianti Universitas Bengkulu
  • Indra Sakti Universitas Bengkulu
  • Ariefa Primair Yani Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i2.149

Kata Kunci:

Pelatihan, Percobaan Sains Sederhana, Guru PAUD, Anak Usia Dini

Abstrak

Abstrak

 

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai percobaan sains dan pengembangan percobaan sains bagi guru PAUD dan memberikan pengetahuan, rasa ingin tahu, serta minat belajar sains sedari kecil bagi anak usia dini di Labschool PAUD UNIB. Metode pelatihan yang dilakukan adalah metode demonstrasi, ceramah, dan tanya jawab. Jumlah peserta pelatihan yang hadir adalah sebanyak 10 orang. Hasil pelatihan adalah guru dan anak Labschool PAUD UNIB memperoleh pengetahuan tentang sains dan percobaan sains, rasa ingin tahu dan minat belajar sains meningkat terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini terbukti terlihat dari antusias guru dan anak-anak saat demonstrasi percobaan dan penjelasan percobaan. Berdasarkan hasil tersebut, pengabdian ini dapat disimpulkan bermanfaat bagi guru dan anak Labschool PAUD UNIB.

Referensi

Aulina, C. N., Salim, A., Fitria, & Wulandari. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66–72. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4671

Bait Qurany Saleh Rahmany. (2022, October 5). Sains Pompa Air dengan Balon. https://bqsr-bandaaceh.sch.id/sains-pompa-air-dengan-balon/

Bumulo, I. W., Putri, N. L., & Paputungan, H. (2023). Penerapan Metode Eksperimen Balon Mengembang Tanpa Ditiup Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains pada Anak di TK Beringin Moyongkota. KIDSPEDIA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 42–50. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia

Direktorat PAUD Kemdikbud. (2020). Bermain Sains. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Istikomah, Hartono, & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Discovery Learning Untuk Pemahaman Sains Pada Anak Tk B. Journal of Primary Education, 2(2), 71–76.

Larasati, A., & Yulianti, D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sains (Fisika) Tema Alam Semesta Terintegrasi Karakter dan Wawasan Konservasi. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 26–33.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94–101.

Safitri, U. P., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Pasir Berwarna terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Usia Dini, 5(1), 48–57.

Sahidun, N., Haryati, H., Rahayu, P. D., & Sapil, N. (2023). Pelatihan Percobaan Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini pada Guru Paud di TK Sari Mekar Kota Ternate. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 3(2).

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajran, 8(1), 81–99.

Septiani, D., & Rani, K. A. (2020). Belajar Asik Dengan Funscience Bagi Anak-Anak Dan Calon Pendidik Sekolah Dasar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–107. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.11761

Sriyono. (2020). Metode eksperimen untuk meningkatkan pembelajaran sains pada anak usia dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(4), 181–185.

Susilowati, N. (2016). Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Pada Anak Kelompok B di KB-RA IT Al-Husna Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(5), 551–560.

Utami, W. (2022, March 17). Eksperimen Sederhana; Hujan Berwarna di Dalam Air. https://nusagates.co.id/nusagadu/eksperimen-sederhana-hujan-berwarna-di-dalam-air/

Wahid, S. M. J., & Suyanto, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Percobaan Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun di TK-IT Albina Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 55–66.

Winarni, D. S. (2017). Analisis Kesulitan Guru Paud dalam Membelajarakan IPA pada Anak Usia Dini. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 12–22.

Yaswinda, Yulsyiofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru PAUD Kecematan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Ya Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, , 2(11), 77–90.

Zahro, I. F. , Rissa, A. A., & Munggaraning, S. W. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Defianti, A., Sakti, I., & Yani, A. P. (2024). Pelatihan Percobaan Sains Sederhana Bagi Guru dan Anak Labschool PAUD UNIB. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 3(2), 134–143. https://doi.org/10.23960/jpmip.v3i2.149

Terbitan

Bagian

Articles