Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Regita Tri Astuti Universitas Lampung
  • Darsono Universitas Lampung
  • Ujang Efendi Universitas Lampung
  • Sowiyah Universitas Lampung

Kata Kunci:

Creative thinking skills, Learning videos, Project based learning, science

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di SDN 24 Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Design penelitian ini adalah pretest posttest group design. Populasi berjumlah 63 orang dan sampel yang digunakan yaitu 63 peserta didik kelas VA dan VB. Sampel ditentukan dengan teknik non probability sampling.Pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model project based learning berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA peserta didik kelas V di SDN 24 Tulang Bawang Tengah.

Diterbitkan

2024-09-14

Cara Mengutip

Tri Astuti, R., Darsono, Efendi, U. ., & Sowiyah. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 3(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/690