Analisis Komunikasi Pembelajaran Calon Guru pada Kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar di SMK

Penulis

  • Arika Rosadina UNJ
  • Tuti Iriani Universitas Negeri Jakarta
  • Daryati Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Calon guru vokasional, Komunikasi Pembelajaran, Praktik Keterampilan Mengajar, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas komunikasi pembelajaran calon guru pada kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisa data menunjukkan pada indikator guru sebagai komunikator menempati persentase sangat baik yaitu 91,54%. Pada indikator kedua yaitu media pembelajaran menunjukan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru mudah dipahami dan menarik minat belajar sebesar 46,15%. Pada indikator ketiga yaitu materi pembelajaran menunjukan bahwa pemahaman siswa pada materi cukup baik yaitu sebesar 56,15%. Pada indikator keempat yaitu siswa komunikasi pembelajaran menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam berkomunikasi dengan guru, hanya 50% yang sering bertanya di dalam kelas dan sisanya  merupakan siswa yang pasif. Kesimpulan hasil penelitian, bahwa kualitas komunikasi pembelajaran calon guru pada kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di SMK dapat dikatakan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dari keempat indikator yang masuk dalam kategori sangat baik.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Arika Rosadina, Tuti Iriani, & Daryati. (2023). Analisis Komunikasi Pembelajaran Calon Guru pada Kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar di SMK. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/322