Penggunaan Media Card Sort pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca pada Siswa Kelas I MIN 3 Magelang
Kata Kunci:
Sekolah Dasar, Card Sort, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas 1 sekolah dasar melalui penerapan penggunaan Metode Card Sort di MI N 3 Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan media Card Sort. Hasil Tindakan pada Siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI N 3 Magelang yang berjumlah 29 dengan rincian jumlah siswa putra sebanyak 14 orang dan untuk jumlah siswa putri sebanyak 15 orang. Hasil observasi pada persebaran data awal dengan rata-rata 60 dan juga menemukan terdapat ( 5 ) siswa yang dikategorikan kurang dalam Bahasa Indonesia dasar, ( 9 ) siswa yang dikategorikan cukup, dan (15) siswa dengan kategori baik. Untuk siklus 1 menunjukkan kompetensi pemberian suku kata yang terfokus pada nama buah dan hewan siswa sudah mulai menurun, namun masih ada (2) siswa yang dikategorikan kurang, (9) siswa dikategorikan cukup, (15) siswa dikategorikan baik, dan (3) siswa dikategorikan sangat baik. Pada Siklus 2 menunjukkan kompetensi pemberian suku kata yang terfokus pada nama buah dan hewan siswa sudah mulai menurun, namun masih ada (3) siswa dikategorikan cukup, (6) siswa dikategorikan baik, dan (20) siswa dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI N 3 Magelang.