Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD dengan Menggunakan Metode Permainan pada Mata Pelajaran Matematika

Penulis

  • Ardia Febrianasari Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Nidha Ghaida Shalekha Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Kun Hisnan Hajron Universitas Muhammadiyah Magelang

Kata Kunci:

Metode permainan, hasil belajar, mata pelajaran matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematikan dengan menggunakan metode permainan. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru matematika dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 1 SD N Tidar 1 Objek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik matematika dengan menggunakan metode permainan. Penelitian ini menggunakan rancangan model siklus I dan II. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes uraian. Pada siklus I hasil belajar matematika siswa sebelum dilakukan metode permainan sudah banyak yang baik, namun ada 3 siswa yang hasil belajarnya cukup. Pada siklus II setelah menggunakan metode permainan, hasil belajar matematika siswa meningkat. Hal ini membuktikan bahwa metode permainan jika digunakan dalam pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Febrianasari, A., Ghaida Shalekha, N., & Hisnan Hajron, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD dengan Menggunakan Metode Permainan pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/310