Pengaruh Strategi Pengulangan Kosa Kata dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 MI Banjarharjo
Kata Kunci:
Hasil belajar, peserta didik, strategi, kosakataAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara pendidik dengan peneliti. Subjek penelitian ini yaitu 10 peserta didik MI Banjarharjo. Objek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan Strategi Pengulangan Kosakata. Penelitian ini menggunakan skema model siklus I dan siklus II. Pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis. Pada siklus I hasil belajar peserta didik menunjukan hasil yang baik sebelum dilakukan penelitian. Siklus II menunjukan hasil belajar yang lebih meningkat daripada siklus I dan sebelum penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa Strategi Pengulangan Kosakata apabila dilaksanakan pada proses kegiatan belajar mengajar mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.