Menggali Potensi Kreatif Melalui Design Thinking: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Desain, Berpikir KreatifAbstrak
Era pembelajaran saat ini menuntut pebelajar untuk memiliki kemampuan menemukan ide-ide kreatif dan inovatif serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif ini, penting bagi fasilitator pembelajaran menggunakan metode yang dapat melatih pebelajar dalam meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu metode yang dapat memfasilitasi keterampilan ini adalah metode pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, proses berpikir kreatif dapat ditingkatkan dengan menggabungkan metode design thinking dalam pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan Design Thinking dapat membantu pebelajar untuk berpikir kreatif secara terstruktur, mengikuti sintaksis pembelajaran yang berlaku. Berdasarkan fakta-fakta ini, penulis tertarik untuk mengeksplorasi model pembelajaran berbasis proyek yang dapat digabungkan dengan metode design thinking dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek yang mengadopsi metode design thinking menjadi salah satu solusi alternatif dalam inovasi pembelajaran. Banyak penelitian yang menunjukkan keberhasilan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan design thinking sebagai inovasi dalam pembelajaran abad 21. Melalui penggunaan model pembelajaran ini, diharapkan pebelajar dapat menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif. Penulis berharap bahwa adanya model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam membantu pebelajar mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan menghasilkan ide-ide yang inovatif.