Relevansi Nilai Perjuangan Dr. Adenan Kapau Gani Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dengan Pembelajaran Sejarah

Penulis

  • Diah Galuh Kusumarti Universitas Sebelas Maret
  • Sariyatun Universitas Sebelas Maret
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret

Kata Kunci:

Adenan Kapau Gani, nilai perjuangan, pembelajaran sejarah

Abstrak

Pembelajaran sejarah memiliki tujuan utama untuk membentuk manusia yang bijaksana dalam berpikir dan bersikap. Oleh sebab itu, materi pembelajaran sejarah haruslah mengandung sejumlah nilai keteladanan bagi siswa. Artikel ini bermaksud untuk menganalisis relevansi nilai perjuangan dr. Adenan Kapau Gani dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan pembelajaran sejarah di SMA se-Sumatra Selatan. Mengingat pada masa mempertahankan kemerdekaan, Gani menghabiskan seluruh waktunya untuk berkontribusi dalam gerak perjuangan baik di tingkat lokal yakni Sumatra bagian selatan maupun nasional. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perjuangan dr. Adenan Kapau Gani mengandung sejumlah nilai keteladanan seperti kreatif, gotong royong, dan cinta tanah air. Perjuangannya juga relevan untuk dijadikan materi pembelajaran sejarah di SMA, khususnya pada kelas XI.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Diah Galuh Kusumarti, Sariyatun, & Triana Rejekiningsih. (2023). Relevansi Nilai Perjuangan Dr. Adenan Kapau Gani Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dengan Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/281