Implementasi Understanding by Design dalam Kegiatan Pembelajaran: Literature Review

Penulis

  • Veronica Eka Desi Natala Universitas Lampung
  • Mila Vanalita Universitas Lampung
  • Anisa O.S Pratama Universitas Islam Negeri Lampung
  • Margareta Dewi Astuti SMPN 3 Cukuh Balak

Kata Kunci:

Understanding by Design, Backward Design, Independent Curriculum

Abstrak

Implementasi Understanding by Design (UbD) dalam kegiatan pembelajaran merupakan hal menarik untuk dibahas. Hal tersebut dikarenakan berkaitan erat dengan implementasi kurikulum merdeka yang sedang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan. Terdapat beberapa artikel yang terkait dalam implementasi Understanding by Design (UbD) dalam kegiatan pembelajaran akan tetapi masih sedikit tentang tinjauan literatur. Tujuan menulis artikel ini yaitu untuk mengidentifikasi Implementasi Understanding by Design (UbD) dalam kegiatan pembelajaransebagai tinjauan literatur. Berdasarkan tinjauan Pustaka diketahui bahwa Implementasi Understanding by Design (UbD) dalam kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Eka Desi Natala, V., Vanalita, M., O.S Pratama, A. ., & Dewi Astuti, M. (2023). Implementasi Understanding by Design dalam Kegiatan Pembelajaran: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/277