Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Fadia Novita Andani Universitas Sebelas Maret

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Powtoon, Prezi, Flipbook, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji artikel-artikel ilmiah yang relevan dan berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah studi literature review. Pencarian literature difokuskan pada kata kunci “media pembelajaran powtoon, prezi, dan flipbook” yang diakses menggunakan google scholar. Berdasarkan hasil analisis studi literature review, maka disimpulkan bahwa dari ketiga media pembelajaran yang dianalisis yaitu powtoon, prezi, dan flipbook dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran flipbook dinilai lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa karena memiliki banyak keunggulan dan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman konsep dari materi yang diajarkan serta dapat memberikan motivasi atau minat belajar dengan menggunakan media flipbook, sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Selain itu, flipbook juga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja dengan mudah.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Novita Andani, F. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/275