Historical Thinking Improvement: Pemanfaatan Kawasan Heritage Kota Surabaya dalam Pembelajaran Sejarah
Kata Kunci:
Historical thinking, Heritage, Pembelajaran SejarahAbstrak
Sejarah merupakan disiplin ilmu yang mendeskripsikan kegiatan atau aktivitas dari manusia pada masa lampau yang memiliki hubungan spesifik terhadap suatu tempat maupun waktu. Pada dunia pendidikan pembelajaran sejarah tidak hanya berisi mengenai pengetahuan akan nama tokoh, tanggal kejadi serta peristiwa yang terjadi akan tetapi mengenai keterampilan berfikir kritis analitis serta berfikir kreatif. Historical thinking merupakan salah satu kemampuan dasar yang mencakup kegiatan membaca, menganalisis dan menulis yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran sejarah, sehingga kemampuan tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Surabaya merupakan kota di Indonesia yang memiliki kawasan Heritage yang memiliki nilai historis. Pemanfaatan heritage tersebut lebih kearah bidang pariwisata, padahal dalam bidang pendidikan heritage mampu membantu kegiatan pembelajaran sejarah walaupun memiliki beberapa kesulitan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai pemanfaatan heritage dalam kegiatan pembelajaran sejarah khususnya untuk meningatkan kemampuan historical thinking sehingga kegiatan pembelajaran sejarah tidak hanya terpaku hanya kepada teks maupun buku saja.