Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3

Penulis

  • Nabila Anggun Binahari Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Fortuna Arifa Husna Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Kun Hisnan Hajron Universitas Muhammadiyah Magelang

Kata Kunci:

PPKn, hasil belajar, contextual teaching learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn dikelas 3 SD Muhammadiyah Kaliabu dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah 17 siswa sekolah dasar sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar PPKn. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari dua indikator: kemampuan memahami materi dan hasil belajar yang diukur menggunakan observasi dan tes evaluasi. Dalam observasi awal sebelum diterapkan model pembelajaran CTL, rata-rata nilai PPKn dikelas tersebut adalah 82,5. Setelah model CTL dilaksanakan pada siklus I, nilai rata-rata mata pelajaran PPKN meningkat menjadi 85. Setelah merefleksikan dan meningkatkan intervensi pengajaran pada siklus I, nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 86,5. Hasil tersebut menunjukkan kenaikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran CTL. Kemudian hasil yang diperoleh pada tahap ini diklasifikasikan ke dalam empat kategori: rendah, cukup, baik, dan sangat baik. Pada tahap awal, terdapat 1 siswa yang masuk kategori kurang, 6 siswa dalam kategori cukup, 9 siswa dalam kategori baik, dan 1 siswa dalam kategori sangat baik. Setelah siklus I, terdapat 2 siswa dalam kategori kurang, 1 siswa dalam kategori cukup, 11 siswa dalam kategori baik, dan 3 siswa dalam kategori sangat baik. Setelah siklus II selesai, terjadi peningkatan yang signifikan dimana tidak ada siswa yang masuk kategori kurang, 2 siswa dalam kategori cukup, 11 siswa dalam kategori baik, dan 4 siswa dalam kategori sangat baik. Diharapkan setelah model tersebut diterapkan, proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Kaliabu menjadi lebih baik khususnya pada pelajaran PPKN.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Anggun Binahari, N., Arifa Husna, F. ., & Hisnan Hajron, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Diambil dari http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/262