Tentang Jurnal Ini

Alur Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin menyerahkan (submit) naskah perlu memperhatikan poin-poin berikut ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan akan dikembalikan ke penulis.

  1. Naskah atau artikel belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dalam proses pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain;
  2. File naskah dalam bentuk Microsoft Word;
  3. Manuskrip sudah sesuai dengan Template Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan;
  4. Membuat akun sebagai penulis;
  5. Penulis melakukan submit artikel;
  6. Editor menerima artikel dari penulis dan melakukan peer review;
  7. Artikel yang memenuhi syarat ketentuan sesuai dengan kebijakan pengelola akan diperiksa dan dilakukan penilaian kelayakan oleh reviewer;
  8. Naskah artikel yang sudah melalui tahap penilaian oleh reviewer akan teruskan kepada penulis untuk dilakukan perbaikan;
  9. Artikel yang sudah diperbaiki sesuai dengan saran dari reviewer akan dipublikasikan.

Focus and Scope

Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung (UNILA) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu kependidikan. 

Kerahasiaan

Naskah artikel yang ditinjau adalah dokumen rahasia. Penulis tidak mengetahui reviewer artikel naskahnya, tetapi reviewer mengetahui penulis naskah atau artikel. Para penyunting dan staf penyunting tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah artikel yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, mitra bestari, dan penerbit.

Objektivitas Standar

Dalam menilai naskah artikel, reviewer harus berpegang pada prinsip-prinsip objektivitas. Reviewer memberikan komentar terhadap naskah artikel tidak boleh didasarkan pada kritik pribadi terhadap penulis naskah selama proses peninjauan. Semua komentar selama proses penilaian harus disertai dengan saran yang jelas dan konstruktif.

Kebijakan Frekuensi Penerbitan Artikel

Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan terbit dalam satu tahun sebanyak  satu kali.

Copyright

Penulis adalah pemegang hak cipta dari setiap makalah / artikel yang telah dimuat di Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan. Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan dan mengadopsi isi artikel selama mereka mengutip artikel (mensitasi) dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama prosiding ini. 

Kebijakan Plagiarisme

Kebijakan Plagiarisme pada prosiding ada dua bentuk, yaitu:

  1. Penulis sengaja menyalin karya orang lain dan mengklaimnya sebagai milik mereka,
  2. Penulis menyalin materi miliknya yang telah dipublikasikan sebelumnya baik seluruhnya atau sebagian, tanpa memberikan referensi yang sesuai juga disebut sebagai (auto plagiat atau self-plagiarism).

Ketentuan Similarity Index Artikel

Kebijakan indek similariti pada naskah artikel yang akan dipublikasikan di prosiding seminar nasional ilmu pendidikan setidaknya memenuhi syarat 20% indek similariti.

Etika Publikasi

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi prosiding seminar nasional ilmu pendidikan ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan mengacu pada nilai objektifitas dan kejujuran.