Pelatihan Pembuatan Game Edukasi Wordwall Guna Meningkatkan Literasi Digital di Era Merdeka Belajar bagi Guru SMK Yapema Gadingrejo
Keywords:
wordwall, Merdeka Belajar, Media LearningAbstract
Abstrak: Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan guru di SMK Yapema Gadingrejo Pringsewu dalam memanfaatkan game edukasi wordwall sebagai bagian dari media pembelajaran multiplatform yang dapat mendukung kurikulum merdeka serta menanamkan literasi digital pada peserta didik. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah kegiatan pelatihan. Adapun teknik pelaksanaan pelatihan ini diawali dengan memberikan informasi terlebih dahulu kepada guru yang berada di sekolah penggerak yang akan menjadi sasaran peserta dalam kegiatan pengabdian bahawa LPPM Univeritas Lampung akan mengadakan pelatihan tentang pemanfaat game edukasi wordwall dalam pembelajaran. Target peserta dalam pelatihan sebanyak 20 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Yapema Gadingrejo Pringsewu dalam waktu tiga hari pada bulan Agustus 2023. Selanjutnya, pelatihan pemanfaat game edukasi wordwall ini menerapkan pelatihan aktif, yakni seluruh peserta turut belajar melalui pengalamannya sehingga tujuan yang telah dirancang dapat diperoleh secara maksimal. Pelatihan ini menggunakan pendekatan praktik melalui pelatihan terbimbing yaitu dengan cara tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan praktik langsung dalam pengembangan dan pemanfaat media game edukasi wordwall.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ali Mustofa, Edi Suyanto, Heru Prasetyo Prasetyo, Ayu Setiyo Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.