Pelatihan Manajemen Kelas untuk Memaksimalkan Pembelajaran bagi Murid, Pelatihan untuk Guru di Kabupaten Pesawaran

Authors

  • Ranni Rahmayanthi Universitas Lampung
  • Fadhilah Khairani Universitas Lampung
  • Ardian Cahyadi Universitas Lampung
  • Annisa Yulistia Universitas Lampung

Keywords:

manajemen kelas, pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 mewabah ke Indonesia, dunia pendidikan mengalami perubahan sistem pembelajaran.  Selama kurang lebih tiga semester guru beradaptasi dengan penggunaan teknologi dan perangkat lunak lainnya untuk mengatur kelasnya (manajemen kelas) agar tetap kondusif belajar.  Hal ini menunjukkan adanya kebiasaan baru dalam belajar mengajar yang mungkin kini guru sudah terlena dengan hal pembelajaran daring. Berdasarkan pemberitaan media, semester ganjil 2020/2021 kemungkinan pembelajaran akan dilakukan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19.  Hal ini menjadi tantangan baru bagi guru untuk melakukan manajemen kelas dengan lebih baik, karena siswa dan guru juga perlu beradaptasi kembali dengan pembelajaran tatap muka. Guru harus mampu menguasai berbagai kiat manajemen dan pengelolaaan kelas.  Keadaan kelas yang sering tidak terkendali, terlebih pada satuan sekolah dasar, dan berbagai permasalahan lainnya perlu dianalisis oleh guru bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas seorang guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang kondusif bagi siswa untuk belajar.  Melihat fenomena tersebut, kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara memberikan pelatihan manajemen kelas untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran bagi guru di Kabupaten Pesawaran

Published

30-03-2022