Pengaruh Penggunaan LKPD dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Live Worksheet dan Google Classroom Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Authors

  • Elma Aryani Universitas Lampung
  • Erimson Siregar Universitas Lampung
  • Widyastuti Universitas Lampung
  • Haninda Bharata Universitas Lampung

Keywords:

google classroom, live worksheet, LKPD, problem based learning, representasi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD dengan pendekatan problem based learning berbantuan live worksheet dan google classroom terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi pada sepuluh kelas yaitu kelas VIII.1 sampai VIII.10. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.2  dan kelas VII.3  yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang dikumpulkan dengan meggunakan tes uraian pada materi peluang. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD dengan pendekatan problem based learning berbantuan live worksheet dan google classroom berpengaruh  terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Downloads

Published

2021-11-27

How to Cite

Aryani, E., Siregar, E., Widyastuti, & Bharata, H. (2021). Pengaruh Penggunaan LKPD dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Live Worksheet dan Google Classroom Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 1(1), 69–78. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/9