Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Keywords:
hubungan, kecerdasan emosional, komunikasi matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Metro semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam sembilan kelas, yaitu kelas VIII.1 sampai VIII.9. Sampel pada penelitian ini adalah lima siswa dari tiap-tiap kelas yang dipilih menggunakan teknik systematic random sampling dengan banyak siswa yang digunakan sebagai sampel adalah 41 siswa. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket kecerdasan emosional dan tes uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi pola bilangan, yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Korelasi Pearson menggunakan software SPSS 22. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,357 dan koefisien determinasi sebesar 12,74%. Selain itu, diperoleh pula nilai Sig. (2-tailed) 0,022 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% atau 0,05. Sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dan tergolong rendah.