Fungsi dan Pentingnya Analisis Kesalahan Konsep dalam Memperbaiki Kualitas Pembelajaran Matematika

Authors

  • Tina Yunarti Universitas Lampung
  • Hana Almira Universitas Lampung

Keywords:

kesalahan konsep, kualitas pembelajaran matematika, pemahaman konsep

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah terus berlangsung. Mengidentifikasi dan mengatasi kesalahan konsep (miskonsepsi) siswa adalah bagian penting dari kompetensi guru matematika agar dapat memerbaiki proses pembelajaran atau instrumen yang selama ini digunakan. Akan tetapi guru sering mengabaikan bagian ini sehingga informasi tentang masalah yang dihadapi siswa dalam memahami konsep tidak diperoleh. Dalam makalah ini, kami menggunakan kajian literatur yang relevan tentang definisi umum miskonsepsi dan studi tentang miskonsepsi siswa dan kesulitan lain dalam memahami matematika. Sumber kajian berasal dari berbagai web pendidikan/ artikel, Google Books, dan Google Scholar. Selanjutnya, kami menyelidiki faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan tersebut. Pada bagian akhir, kami bahas tentang fungsi pentingnya melakukan analisis kesalahan konsep. Analisis informasi dari kajian literatur ini dilakukan secara kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa ada berbagai pendapat ahli tentang faktor penyebab miskonsepsi matematika ini. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi perkembangan fokus pada berbagai faktor penyebabnya. Begitu juga dengan indikator-indikator miskonsepsi matematika siswa. Ada banyak pendapat ahli yang berkembang seiring kebutuhan dan perbedaan fokus penelitian. Akan tetapi, semua berujung pada tujuan yang sama yaitu memerbaiki kualitas pembelajaran matematika di sekolah.

Published

2022-11-07

How to Cite

Yunarti, T., & Almira, H. (2022). Fungsi dan Pentingnya Analisis Kesalahan Konsep dalam Memperbaiki Kualitas Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 22–26. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/89