Student Discourse dalam Aktivitas Problem Solving

Authors

  • Tina Yunarti Universitas Lampung
  • Indah Nabilla Nur Lutfiyyah Zariyatan
  • Nurain Suryadinata

Keywords:

aktivitas, problem solving, student discourse

Abstract

Discourse atau diskursus adalah alat untuk mengontruksi pengetahuan yang dapat berupa percakapan (lisan) dan tulisan. Diskursus dapat mendukung proses belajar siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Diskursus juga memungkinkan pengaksesan secara langsung suatu ide, hubungan antar ide, strategi, prosedur, fakta, alur matematika, dan lain-lain. Dengan demikian, untuk mendukung proses belajar siswa maka dibutuhkan sebuah aktivitas yang akan memunculkan diskursus siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa secara kualitatif berbagai sumber penerbit artikel yang berhubungan dengan aktivitas problem solving yang akan memunculkan student discourse. Desain yang digunakan adalah literature review. Hasil review tersebut memperlihatkan bahwa melalui aktivitas problem solving akan memunculkan student discourse.

Published

2023-11-05

How to Cite

Yunarti, T., Zariyatan, I. N. N. L., & Suryadinata, N. (2023). Student Discourse dalam Aktivitas Problem Solving. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 3(1), 41–45. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/260