Efektivitas Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika: Systematic Literature Review (SLR)

Authors

  • Akhira Handayani Universitas Lambung Mangkurat
  • Mustika Wati Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Dewantara Universitas Lambung Mangkurat
  • Isnaini Agus Setiono Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

pemecahan masalah, problem based learning, systematic literatur analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (Problem Solving) pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan total 20 artikel yang dianalisis. Hasil kajian literatur ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) adalah model yang paling efektif diterapkan dalam pemecahan masalah fisika peserta didik. Hal tersebut dikarenakan model Problem Based Learning (PBL) tidak hanya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pemecahan masalah, tetapi juga mendorong kolaborasi dan penerapan pengetahuan secara langsung, serta penting untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa.

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Handayani, A., Wati, M., Dewantara, D., & Setiono, I. A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika: Systematic Literature Review (SLR). Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 87–95. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/790