Model Pembelajaran yang Relevan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains

Authors

  • Norrahimah Norrahimah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mustika Wati Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Dewantara Universitas Lambung Mangkurat
  • Isnaini Agus Setiono Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

berpikir kritis, kualitas pembelajaran, pembelajaran fisika, problem based learning

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat pada abad 21 ini. Diperlukan penerus bangsa yang mampu menghadapi tantangan kompetisi baik dibidang politik, ekonomi, teknologi dan lain-lain. Salah satu cara untuk menghasilkan penerus bangsa yang mampu berkompetisi di abad 21 adalah dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menentukan model pembelajaran yang relevan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), peneliti mengumpulkan 20 artikel dari jurnal terakreditasi Sinta 1 dan Sinta 2 yang membahas tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sains. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan menggunakan model Problem-Base-Learning (PBL).

Downloads

Published

2024-11-14

How to Cite

Norrahimah, N., Wati, M., Dewantara, D., & Setiono, I. A. (2024). Model Pembelajaran yang Relevan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains . Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 32–42. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/782