Efektivitas Berbagai Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
Keywords:
keterampilan proses sains, model pembelajaran, systematic literature review (SLR)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas berbagai model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk mengidentifikasi, meninjau, dan mengevaluasi penelitian yang relevan. Hasil review menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis Inkuiri efektif dalam meningkatkan KPS siswa, dengan peningkatan yang tinggi dibandingkan model lainnya. Hal ini didukung 4 artikel yang berbeda dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Inkuiri dalam penelitiannya. Model ini melibatkan siswa dalam penyelidikan mendalam, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Model Guided Discovery Learning dan Context Based Learning juga menunjukkan hasil yang signifikan, meskipun tidak setinggi model berbasis Inkuiri. Semua model yang diteliti menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan KPS siswa, dengan peningkatan berkisar dari kategori rendah hingga tinggi.